Home » Pendidikan » Cara Mengajarkan Tugas Rumah Tangga pada Anak

Cara Mengajarkan Tugas Rumah Tangga pada Anak

Cara Mengajarkan Tugas Rumah Tangga pada Anak

iesrms.com – Kesibukan orangtua, baik ayah atau bunda di rumah sama halnya dengan bekerja di kantor 24 jam dalam 1 minggu tanpa gaji lembut. Sebab tak adanya waktu terkadang orangtua lebih suka kerjakan tugas rumah tangga sendiri dibandingkan meluangkan waktu untuk mengajar sih kecil mengerjakannya. Padahal dengan mengajarkan sih kecil bekerja, dia akan mempunyai rasa tanggung jawab dan juga mengerti tentang bagaimana cara mengerjakannya yang benar. Selain hal tersebut dengan memikul tuhas bersama-sama, pekerjaan orangtua diringankan serta hubungan keluarga pun jadi lebih erat lagi. Nah, berikut ini ada beberapa petunjuk untuk ajarkan tugas rumah tangga pada anak-anak.

Cara Mengajarkan Tugas Rumah Tangga pada Anak

Cara mengajarkan tugas rumah tangga pada anak

Membereskan kamar tidur

Silakan Anda biasakan anak-anak untuk membereskan kamar tidurnya dengan segera setelah bangun. Melipat selimut, menarik seprei agar ranjang juga tampak lebih rapi serta jangan pernah membiarkan anak Anda meninggalkan pakaian kotor di lantai. Ajarkan saja kepada anak Anda untuk selalu menaruhnya di dalam keranjang pakaian kotor. Dengan begitu kamar tidurnya tidak akan jadi berantakan. Begitu pun mainan hendaknya dikembalikan pada tempat semula.

Membersihkan rumah bersama-sama

Untuk anak usia dini bisa dididik untuk bisa membersihkan rumah secara bersama-sama, misalnya saja dengan menugaskan dia membersihkan debu dengan bulu ayam. Yang paling penting di sini bukanlah bersihnya perabotan atau pun hasil dari pekerjaannya, akan tetapi membiasakan anak tersebut bekerja sejak usia dini. Untuk anak yang usianya lebih besar bisa ditugaskan untuk menyapu, mengepel lantai, membersihkan halaman, atau pun membersihkan kamar mandi. Nah, untuk anak usia lebih besar ini hendaknya Anda mengharapkan mereka bisa bekerja yang lebih baik. Jika anak Anda bekerja sembarangan, maka minta mereka untuk mengulanginya.

Mencuci piring

Setelah selesai memasak atau pun makan malam, beri anak Anda tugas untuk mencuci piring. Anak yang usia masih dini ini bisa membantu mengelap piring atau pun sendok yang masih basah. Tetapi untuk anak dengan usia yang lebih besar, Anda bisa memberikan tugas ini sendiri, yakni mencuci piring agar bersih lalu mengelapnya sendiri dan menaruh di tempat yang tersedia.

Mencuci baju

http://www.dosenpendidikan.com/34-nama-tarian-tradisional-di-indonesia-menurut-asal-daerahnya/ Apabila anak Anda memang masih cukup kecil, maka Anda bisa mengajari anak Anda tersebut menyortir baju atau pakaian, memisahkan yang berwarna putih dari yang berwarna. Sedangkan untuk anak yang lebih besar lagi bisa membantu dalam melipat pakaian yang sudah bersih, ajarkan saja bagaimana cara yang benar melipat baju dengan rapi, atau anak Anda juga bisa membantu menyetrika baju, tapi harus dalam pengawasan Anda ya bund.

Demikianlah informasi tentang cara mengajarkan tugas rumah tangga pada anak. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga >>>