Home » Pendidikan » Cara Menunjukkan Sikap Tegas Secara Halus pada Anak

Cara Menunjukkan Sikap Tegas Secara Halus pada Anak

Cara Menunjukkan Sikap Tegas Secara Halus pada Anak

iesrms.com – Menegus anak dan dia dengar! Bagaimana ya bund caranya? Terdengarannya mustahli akan tetapi cara mendidik anak yang seperti ini bisa saja dilakukan kok. Orangtua yang tak pernah membentak-bentak anak pastinya akan lebih dihormati sih anak itu sendiri. Mendidik anak tak perlu dengan kekerasan atau pun hukuman, yang dipelukan di sini adalah ketegasan. Lantas, bagaiman caranya menunjukkan sikap yang tegas dengan cara yang lebih halus pada anak? Simak yuk ulasannya di bawah ini.

cara-menunjukkan-sikap-tegas-secara-halus-pada-anak

Cara menunjukkan sikap tegas secara halus pada anak

Kebiasaan

Apabila Anda mempunyai kebiasaan marah-marah, sulit sekali dihilangkan. Sebab itulah Anda hendak memupuk kebiasaan untuk bisa menahan emosi serta bertutur kata yang lemah lembut. Apabila Anda sudah terbiasa menunjukkan sikap keras seperti militer, pasti saja nantinya Anda akan membentak anak dengan galak seperti sersan yang lagi melatih anak buahnya.

Tanggapan sih anak

Anak Anda juga memberikan tanggapan sesuai perlakukan yang dia dapatkan. Bila orangtuanya mendidik dia dengan sikap yang tegas akan tetapi halus, maka dia nantinya akan menaruh hormat serta membalas rasa kasih yang dilimpahkan padanya. Namun, bila dia dperlakukan yang keras, ada dua kemungkinan, dia akan takut serta tunduk sebagai anak yang takut atau pun dia akan berontak serta melawan orangtuanya.

Sikap konsisten

Sikap yang seperti ini nantinya akan menjadikan anak Anda tahu bahwasannya Anda tak main-main serta tak boleh digunakan main-main. Sekali tidak juga tetap tidak, begitu pun jika ayah bilang tidak, maka bunda juga bilang tidak. Ayah dan bunda harus konsisten di dalam mendidik anaknya. Dengan begitu meskipun Anda ucapkan dengan lembut perkataan “tidak” Anda juga tak boleh dibantah. Bukan dikarenakan Anda bersikap otoriter, akan tetapi kebijaksanaan Anda sebagai orangtua yang melarang anak tersebut.

Cinta kasih

Cinta kasih yang telah Anda tunjukkan sebagai orangtua ini bukan sesuatu yang menjadikan anak Anda jadi manja dan juga berani untuk menentang orangtua. Ada istilah yang seperti ini “tough love” maksudnya cinta yang keras. Dengan cinta yang seperti ini Anda mendidik anak tercinta untuk jadi orang yang benar. Mengajarnya bekerja keras untuk kepentingan masa depan yang lebih cerah. Bukannya memanjakan dengan memberikan segalanya yang membuatnya jadi orang malas.

Respek

http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-perbedaan-visi-dan-misi-serta-contohnya-lengkap/ Apabila orangtua menaruh respek pada anaknya serta tak memperlakukannya sebagai anak kecil terus, maka anak juga akan menaruh respek pada Anda. Meskipun Anda mempunyai hubungan erat dengan anak serta mereka juga mengganggap Anda sebagai teman baiknya, tapi tetap ada rasa hormat mereka pada Anda sebagai orangtuanya.

Demikian informasi tentang cara menunjukkan sikap tegas secara halus pada anak yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga >>>