Home » Pertanian dan Kehutanan » Cara Mudah Budidaya Wortel

Cara Mudah Budidaya Wortel

budiday-awortel

Cara Mudah Budidaya Wortel

Iesrms.Com – Syarat tumbuh wortel Wortel cocok ditanam pada daerah dataran tinggi dengan ketinggian 500-1000 mdpl atau lebih. Tanah yang baik untuk menanam wortel adalah tanah yang mengandung banyak humus , gembur dan memiliki pH sekitar 5,5 hingga 6,5.

Lahan Budidaya

Lahan yang akan digunakan untuk budidaya wortel digemburkan dahulu dengan cara di bajak atau di cangkul dengan kedalaman sekitar 40 cm. Karena jika struktur tanah keras maka pertumbuhan umbi wortel akan terhambat, umbinya akan pendek dan badan umbinya akan bercabang.

http://www.faunadanflora.com Setelah tanah gembur, buatlah bedegan dengan ukuran lebar sekitar 1 meter, tinggi sekitar 20 cm – 30 cm dengan panjang bedengan menyesuaikan lahan. Bersama dengan pembuatan bedengan, lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupk kandang atau pupuk kompos dengan dosis sekitar 15 hingga 20 ton per hektar lahan atau disesusikan dengan kesuburan tanah. Setelah itu, buatlah larikan pada bedeng untuk menabur benih, setiap larik diberi jarak sekitar 20 cm dengan kedalaman larikan sekitar 5 cm.

Penanaman Benih

Setelah bedengan jadi maka lakukan penanaman, penanaman wortel dapat dilakukan langsung tampa melakukan penyemaian terlebih dahulu. Untuk 1 hektar lahan dibutuhkan sekitar 3 hingga 5 kg atau lebih benih.

Taburkan benih pada larikan yang telah dibuat, namun sebelumnya benih yang akan ditabur digosokkan di tangan agar bibit tidak menempel satu sama lain atau bisa juga benih di campur dengan abu. Setelah benih ditabur maka tutup kembali dengan tanah. Lakukan penyiranaman untuk menjaga kelembaban tanah. Setelah 10 hari setelah ditabur maka tanaman wortel akan tumbuh.

Pemeliharaan

Setelah tanaman berumur 1 bulan maka lakukan pemupukan susulan. Untuk budidaya secara organik pemupukan bisa dilakukan dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan cara menaburkannya di sekitar tanaman wortel, dosis untuk 1 hektar lahan dibutuhkan sekitar 10-15 kg pupuk. Untuk Budidaya secara non organik dapat dilakukan pemupukan dengan pupuk Urea dan pupuk KCl (2:1) dengan cara menaburkannya dalam bentuk alur yang berjarak sekitar 5 cm dari pangkal tanaman, dosis untuk 1 hektar lahan dibutuhkan sekitar 300 kg pupuk.

Agar umbi wortel dapat tumbuh sempurna, selain pemupukan susulan maka lakukan pula penjarangan tanaman(jarak antar tanaman sekitar 5 cm – 10 cm) dan penyiangan gulma penganggu.

Pemanenan Wortel

Wortel dapat dipanen setelah berumur 3 bulan setelah tanam. Jangan sampai telat untuk memanennya karena jika telat maka akan dapat membuat tanaman memiliki tekstur yang keras dan rasanya tidak enak. Pemanenan wortel dilakukan dengan cara dicabut.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Cara Mudah Budidaya Wortel .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :