Home » Pendidikan » Fungsi Sekolah Sebagai Jembatan Layanan Untuk Siswa

Fungsi Sekolah Sebagai Jembatan Layanan Untuk Siswa

fungsi-sekolah

Fungsi Sekolah Sebagai Jembatan Layanan Untuk Siswa

Iesrms.com – Ketika anak – anak ditanya “untuk apa kamu sekolah?” Mereka tentu akan menjawab dengan berbagai macam persepsi, metode perkembangan daya pikir dan juga sesuai pendidikan mereka. Anak TK atau PAUD yang ditanya soal tujuan sekolah pasti akan berbeda jawaban dengan anak SD. Begitu juga anak SD akan berbeda jawaban dengan anak SMP. Dan anak SMA serta perguruan tinggi tentu akan punya jawaban yang lebih kompleks dan lebih ilmiah lagi.

Mengenai hal tersebut, mari kita berembug dan sama – sama mencari informasi tentang sekolah. Tidak lucu bukan kalau kita sekolah bahkan ada yang 12 tahun, 14 tahun, 15 tahun dan sampai S2 tetapi kurang yakin dengan fungsi sekolah itu sendiri sebagai penyedia layanan bagi siswanya. Mari kita sama – sama memahami apa saja fungsi sekolah sebagai jembatan layanan untuk siswa.

Fungsi Sekolah Sebagai Jembatan Layanan Untuk Siswa

Kalau kita coba untuk menilik dari kedudukan keluarga, lembaga dan juga institusi, sebenarnya sekolah itu sudah mewakili peran orang tua atau keluarga dalam mendidik anak. Itu berarti bahwa sekolah merupakan tangan kedua dalam pendidikan anak setelah keluarga yang fungsinya adalah untuk meningkatkan ilmu dan pengembangan mental, karakter dan juga ilmu pengetahuan si anak.

Muhammad Ali (2009 : 355) dalam bukunya menyebutkan bahwa ada beberapa fungsi sekolah dalam kaitannya dengan jembatan layanan untuk siswa diantaranya :

  • Memberikan layanan kepada para peserta didik agar nantinya mampu mendapatkan pengetahuan atau kemampuan akademik yang dibutuhkan dalam kehidupan.
  • Memberikan layanan kepada peserta didik agar nantinya dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan.
  • Memberikan layanan kepada peserta didik agar nantinya dapat hidup bersama atau juga bekerja sama dengan orang lain.
  • Memberikan layanan kepada para peserta didik agar dapat membantu dalam rangka mewujudkan cita – cita atau aktualisasi dirinya sendiri.

Pendidikan sebagai jembatan untuk para siswa memang dimulai sejak TK atau PAUD, SD, SMP, SMA bahkan ada yang sampai ke kuliah di perguruan tinggi baik negeri atau swasta. Pada masa TK, perkembangan otak akan diasah. Pengetahuan dasar tentang kehidupan dan nilai – nilai sosial akan diberikan pada masa ini. Progress otak akan dilatih. (Selengkapnya : http://mcaf.ee/8z09jg )

Kemudian menginjak SD, nantinya anak akan disekolahkan dengan tujuan untuk mendapatkan ilmu yang lebih baik dibandingkan di masa TK. Ilmu pengetahuan dasar disini dan kehidupan moral yang lebih baik diberikan sampai dengan 4 tahun. Ketika masa SMP hadir, anak akan dididik dengan pengetahuan dasar pengembangan. Berbagai macam nilai kesusilaan, keindahan, kemasyarakatan, agama, kebangsaan dan nasionalisme akan diberikan pada masa ini untuk bekal bermasyarakat yang jauh lebih baik. Kemudian di tingkat SMA dan perguruan tinggi semuanya menyangkut karakter bangsa, agama dan juga kreatifitas untuk dapat bersaing yang lebih baik dan sehat.

Itulah sedikit informasi tentang Fungsi Sekolah Sebagai Jembatan Layanan Untuk Siswa. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat.

 Baca juga artikel lainnya tentang pendidikan :