Home » Pendidikan » Manfaat Bermain Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Manfaat Bermain Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Manfaat Bermain Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

iesrms.com – Pada kesempatan yang baik kali ini kami akan membagikan informasi penting tentang fungsi atau manfaat bermain pada pendidikan anak di usia dini. Yang mana dalam kegiatan bermain dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh seorang anak, karena kegiatan bermain tersebut bersifat rileks dan merupakan salah satu kegiatan yang paling disenangi dan diinginkan anak.

Manfaat Bermain Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Helms dan Turner mengatakan bahwasannya bermain merupakan cara atau jalan bagi anak untuk ungkapkan hasil pemikiran, perasaan, dan juga cara mereka dalam menjelajahi dunia lingkungannya, termasuk halnya membantu anak dalam menjalin hubungan social antara anak. Anak juga akan mengungkapka hasil pemikiran dan juga perasaan umumnya lewat bentuk permainan. Bermain selain berguna sekali untuk melatih kemampuan eksplorasinya juga sangat bermanfaat untuk kembangkan kemampuan sosialisasi dengan sesama anak atau dengan orang dewasa. Bahkan bermain merupakan berbagai macam kegiatan yang mampu memberikan berbagai aspek fungsi kepribadian.

Ini manfaat bermain bagi pendidikan anak usia dini

  • Bermain adalah motivasi intrinsic untuk anak
  • Bermain biasanya bebas dari kegiatan menulis
  • Bermain bisa membangkitkan aktifitas yang nyata
  • Pusat proses dari berbagai kegiatan adalah bermain
  • Bermain mampu mendominasi permainan
  • Bermain bisa dilakukan dengan cara memberi aktifitas permainan

Bermain untuk anak ini adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang diinginkan, dengan bermain  maka anak akan merasa bebas dan juga menyenangka. Kegiatan bermain yang telah dilakukan oleh anak akan dapat membangkitkan motivasi instrinsik, memberi ketenangan, dan bisa memberikan keseimbangan hidup untuk sih anak itu sendiri.

Smith mengatakan bahwasannya permainan yang baik adalah permainan yang memberi kontribusi pada anak dalam belajar konsep dan juga aktifitas yang lebih nyata. Permainan yang baik ini adalah yang bisa mengajarkan kepada anak kemampuan tertentu, baik sifatnya individual atau kelompok. Aktifitas yang telah diberikan dalam bermain ini adalah aktifitas yang bisa memberi pemahaman pada anak mengenai dunia nyata yang berguna di dalam kehidupan sehari-hari.

motto hidup Vigotsky pun mengatakan bahwasannya bermain tersebut memiliki peranan langsung pada perkembangan kognisi seorang anak. Permainan adalah suatu hal yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Yang mana hampir semua benda bisa dijadikan sebagai alat permainan. Ketika bermain pun anak belajar sebuah objek, secara sadar atau pun tidak, dia belajar dari sifat objek tersebut. Dan menurut Piaget, bermain itu sangat penting sekali untuk belajar pada anak usia dini. Anak mendapat infromasi lewat interaksinya dengan suatu objek dan nanti informasi tersebut dia susun jadi struktur pengetahuan.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang manfaat bermain bagi pendidikan anak usia dini yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga >>>