Home » Pendidikan » Peran Masyarakat Dalam Perkembangan Pendidikan Indonesia

Peran Masyarakat Dalam Perkembangan Pendidikan Indonesia

peran-masyarakat-dalam-perkembangan-pendidikan-indonesia

Peran Masyarakat Dalam Perkembangan Pendidikan Indonesia

Iesrms.com – Banyak elemen yang sampai saat ini berpikir bahwa perkembangan pendidikan Indonesia hanya berlangsung karena guru, elemen pemerintah dan perangkat daerah penunjang sistem pendidikan saja. Benarkah?

Tak hanya itu sebenarnya. Pendidikan Indonesia juga tidak akan pernah ada perkembangan jika tidak ada orang tua yang mempercayakan untuk menyekolahkan putra dan putri mereka pada lembaga pendidikan yang bersangkutan. Karena itu dalam dunia pendidikan sebenarnya semua elemen ikut berperan termasuk juga murid dan orang tua sebagai konsumen dunia pendidikan. Ibarat sebuah produk, pendidikan yang merupakan hasil olah pemerintah tak akan pernah tahu pencapaiannya seperti apa tanpa adanya konsumen pendidikan dalam hal ini adalah murid dan orang tua. Mengenai seperti apa peran masyarakat dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, mari kita diskusikan kembali dalam uraian di http://www.bahasainggrisoke.com/pengertian-rumus-dan-contoh-kalimat-simple-present-tense-terlengkap/

Peran Masyarakat Dalam Perkembangan Pendidikan Indonesia

Memang banyak lembaga pendidikan yang masih kurang menghargai soal peran masyarakat didalam dunia pendidikan di Indonesia. Dan sebenarnya yang harus dipahami bahwa masyarakat juga menjadi peran yang sangat penting dalam kependidikan di Indonesia. Beberapa peran bagi masyarakat didalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia diantaranya

  • Masyarakat membantu pemerintah dalam pemberian layanan jasa. Ibarat suatu usaha, pemerintah ini menawarkan produk pendidikan dan masyarakat yang menjadi konsumen memberikan kontribusi untuk menggunakan produk pemerintah tersebut.
  • Masyarakat dapat memberikan partisipasi secara aktif dalam konteks perawatan dan juga pembangunan fisik di sekolah.
  • Masyarakat atau orang tua juga harus membimbing anaknya untuk dapat tetap mentaati aturan sekolah, mulai dari aturan disiplin, administrasi sampai juga soal seragam.
  • Masyarakat nantinya juga dapat membantu didalam pemantauan perkembangan potensi akademik anak dengan berkonsultasi pada pihak sekolah mengenai masalah pembelajarannya.
  • Nantinya masyarakat atau orang tua harus terlibat didalam memantau pendidikan anak – anaknya dan dapat memberikan waktu luang untuk membahas soal pendidikan anaknya di rumah.
  • Orang tua harus menyampaikan kejanggalan yang dirasakan tentang pendidikan kepada pihak sekolah untuk menjadi suatu bahan evaluasi tersendiri bagi orang tua tersebut.
  • Orang tua juga harus sadar bahwa memang wajib belajar 9 tahun dilakukan dan tetap mengawasi pergaulan anak di luar lingkungan sekolah.
  • Karena tak ada pendidikan yang benar – benar gratis, masyarakat tetap harus menghindari adanya rasa malas untuk bekerja demi memberikan perbaikan ekonomi bagi pribadi dan juga keluarganya.
  • Peran masyarakat sekali lagi juga harus senantiasa optimis sukses dan dapat menghindari kemiskinan.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan kali ini tentang Peran Masyarakat Dalam Perkembangan Pendidikan Indonesia. Semoga menjadi suatu informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

 Baca juga artikel lainnya tentang pendidikan :