Home » Pendidikan » Tahapan Test Bakat dan Minat Jurusan Kuliah

Tahapan Test Bakat dan Minat Jurusan Kuliah

Iesrms.com – Selain pada anak-anak, pelaksanaan test bakat dan minat juga banyak dilakukan oleh remaja yang akan memasuki bangku kuliah. Psikolog Danang Setyo Budi Baskoro mengatakan, remaja yang datang untuk mengikuti tes bakat minat itu kebanyakan kelas II SMA. ’’Kebanyakan datang atas inisiatif orang tua,’’ ucapnya.

Tahapan Test Bakat dan Minat Jurusan Kuliah

Tes biasanya dilakukan sekitar tiga jam dengan tiga tahapan. Pertama adalah tes IQ dan kecerdasan. Seseorang diberikan soal yang mengukur pemahaman verbal, konsentrasi, daya ingat, dan numerik.

Kedua, adalah tes minat melalui soal-soal dan wawancara. Terakhir adalah tes kepribadian lewat soal-soal. ’’Soalnya bukan soal pengetahuan, contoh perintahnya adalah menggamabar. Kami akana lihat dari apa yang digambarnya,’’ ucapnya.

Menurut laki-laki yang merampungkan S2 Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang tersebut, setelah hasil diketahui, sering terjadi ketidakcocokan antara bakat anak dan minat orang tua. www.pelajaran.co.id

’’Orang tua kadang terlalu memaksakan kehendaknya pada anak,’’ ujarnya. Misalnya ketika hasil tes menunjukkan bakat dan minat anak di jurusan eksak yang berhubungan dengan teknik, namun orang tua ingin anaknya masuk kedokteran. Atau misalnya, hasil tes IQ anak menunjukkan dibawah rata-rata. Sehingga kurang pas masuk kedokteran.

’’Tapi masih ada saja orang tua yang keukeh, mereka yakin kalau anaknya mampu. Kalau sudah begitu kami tidak bisa berbuat apa-apa,’’ ungkapnya.

Bila sudah begitu, yang ditakutkan kuliah si anak bisa tidak maksimal. Karena Danang pernah mendapatkan kasus mahasiswa yang bermasalah dengan kuliah karena jurusan yang diambil tidak sesuai dengan minatnya.

Selain ketidaksesuaian dengan orang tua, biasanya orang tua dan anak masih belum mengetahui beragam profesi. Jadi ilmu eksak tidak hanya kedokteran dan teknik. Ilmu sosial juga tidak melulu soal politik. Danang lebih menyarankan supaya mereka mencari informasi soal ragam jurusan yang makin berkembang. Misalnya di dunia kesehatan, selain dokter dan perawat juga ada rekam medis, fisioterapis, dan lainnya.

Baca Juga: