Home » Pendidikan » Tips Mendidik Anak Menurut Pakar dari Harvard

Tips Mendidik Anak Menurut Pakar dari Harvard

Tips Mendidik Anak Menurut Pakar dari Harvard

iesrms.com – Setiap orangtua tentu berharap anaknya dapat tumbuh menjadi anak yang baik, bertanggung jawab, dan penyayang. Dan untuk bisa mewujudkan hal tersebut jelas harus ada usaha yang dilakukan. Orangtua harus turun langsung serta terlibat dalam tumbuh kembang sih anak. Cara Anda dalam mendidik anak pun juga tak boleh dilakukan secara sembarangan. Memang sih ada banyak sekali cara, tips, atau metode mendidik anak yang dapat Anda pilih. Tergantung dari bagaimana Anda dalam memilih cara yang paling tepat dengan kebutuhan serta situasi Anda. Dan berikut ini kami rangkumkan beberapa tips mendidik anak agar jadi anak baik, bertanggung jawab, dan penyayang menurut pakar dari Harvard.

Tips Mendidik Anak Menurut Pakar dari Harvard

Mendidik anak yang baik, bertanggung jawab, dan penyayang

Mengajari mengendalikan emosi yang baik

Rasa marah, sedih, dan juga kecewa ternyata tak dialami oleh orang dewasa saja, anak pun juga demikian. Di sinilah anak perlu sekali belajar cara mengendalikan emosinya tersebut. Ajarkan saja mengenai pentingnya mengendalikan diri, khususnya ketika emosi lagi tidak terkontrol dengan baik. ketika anak sedang dalam kondisi tenang, Anda bisa ajari tips ini.

Memberi pemahaman mengenai tanggung jawab dari tiap tindakan

Orangtua merupakan panutan langsung bagi anak-anaknya. Apabila ingi anak Anda tumbuh bertanggung jawab, maka tunjukkan saja nilai-nilai tersebut dalam perilaku sehari-hari. Contohnya saja, selalu cuci piring sendiri saat selesai makan. Jika habis makan permen, bungkus permennya bisa dibuang langsung ke tempat sampah. Hal kecil seperti inilah nantinya bisa membantu sih kecil untuk memahami jika dalam melakukan sesuatu tidak bisa sembarangan.

Membantu sih kecil berani membantu yang lemah

Di jaman sekarang, tindakan bullying bisa semakin parah dan merajalela. Dan cegah anak untuk menjadi pelaku bullying tersebut. Caranya mudah sekali, yakni dengan membantu sih kecil untuk lebih berani dalam membantu yang lemah. Arahkan dia untuk membayangkan apa jadinya bila setiap orang saling menjatuhkan dan tidak ada rasa saling tolong menolong sama sekali. Tentunya kita ingin mempunyai dunia yang damai dan aman. Jadi, bantu sih kecil untuk membangun empatinya terhadap orang lain.

Belajar bersyukur dan selalu berterima kasih

kuliahbahasainggris.com Penelitian terbaru tengah menyebutkan bahwasannya orang yang tak malu mengekspresikan rasa syukur dan terima kasihnya itu adalah orang yang jauh lebih bahagia serta sehat. Sejak dini ajarkan sih kecil untuk selalu bisa bersyukur dan bertima kasih, mulai dari hal yang sederhana, seperti berterima kasih pada kakak yang sudah membuatkan makanan enak misalnya saja.

Demikianlah tadi tips mendidik anak menurut pakar dari Harvard yang bisa kami informasikan. Dengan begitu maka anak tercinta akan jadi anak yang baik, bertanggung jawab, dan penyayang.

Baca Juga >>>